Selasa, Februari 24, 2009

DEVIASI SEPTUM NASAL (Pergeseran Dinding Hidung)

Oleh: Taufik Abidin

Pendahuluan

Trauma hidung banyak terjadi akibat kecelakaan yang bersifat tumpul, sehingga beresiko mengakibatkan berbagai macam komplikasi misalnya infeksi, obstruksi hidung, jaringan parut dan fibrosis, deformitas sekunder, sinekia, hidung pelana, obstruksi duktus nasoolakrimalis, dan perforasi hidung. Berdasarkan waktu, trauma hidung terbagi atas trauma baru, dimana kalus belum terbentuk sempurna; dan trauma lama, bila kalus sudah mengeras. Berdasarkan hubungan dengan telinga luar, ada yang disebut trauma terbuka dan trauma tertutup. Arah trauma menentukan kerusakan yang terjadi, misalnya bila trauma datang dari lateral, akan terjadi fraktur tulang hidung ipsilateral jika ringan, sedangkan trauma yang berat akan menyebabkan deviasi septum nasi dan fraktur tulang hidung kontralateral.

Septum hidung merupakan bagian dari hidung yang membatasi rongga hidung kanan dan kiri. Septum nasi berfungsi sebagai penopang batang hidung (dorsum nasi). Septum nasi dibagi atas dua daerah anatomi antara lain bagian anterior, yang tersusun dari tulang rawan quadrangularis; dan bagian posterior, yang tersusun dari lamina perpendikularis os ethmoidalis dan vomer.

Dalam keadaan normal, septum nasi berada lurus di tengah tetapi pada orang dewasa biasanya septum nasi tidak lurus sempurna di garis tengah. Deviasi septum dapat menyebabkan obstruksi hidung jika deviasi yang terjadi berat. Kecelakaan pada wajah merupakan faktor penyebab deviasi septum terbesar pada orang dewasa.

Gejala yang paling sering timbul dari deviasi septum ialah kesulitan bernapas melalui hidung. Kesulitan bernapas biasanya pada satu hidung, kadang juga pada hidung yang berlawanan. Pada beberapa kasus, deviasi septum juga dapat mengakibatkan drainase sekret sinus terhambat sehingga dapat menyebabkan sinusitis.

Pada kasus di bawah ini, deviasi septum yang terjadi akibat trauma tumpul dan gejala yang dialami pasien masih ringan sehingga pengobatan yang diberikan hanya berupa simptomatik.



Definisi

Deviasi septum ialah suatu keadaan dimana terjadi peralihan posisi dari septum nasi dari letaknya yang berada di garis medial tubuh.

Deviasi septum dibagi atas beberapa klasifikasi berdasarkan letak deviasi, yaitu:

  1. Tipe I; benjolan unilateral yang belum mengganggu aliran udara.
  2. Tipe II; benjolan unilateral yang sudah mengganggu aliran udara, namun masih belum menunjukkan gejala klinis yang bermakna.
  3. Tipe III; deviasi pada konka media (area osteomeatal dan turbinasi tengah).
  4. Tipe IV, “S” septum (posterior ke sisi lain, dan anterior ke sisi lainnya).
  5. Tipe V; tonjolan besar unilateral pada dasar septum, sementara di sisi lain masih normal.
  6. Tipe VI; tipe V ditambah sulkus unilateral dari kaudal-ventral, sehingga menunjukkan rongga yang asimetri.
  7. Tipe VII; kombinasi lebih dari satu tipe, yaitu tipe I-tipe VI.



Bentuk-bentuk dari deformitas hidung ialah deviasi, biasanya berbentuk C atau S; dislokasi, bagian bawah kartilago septum ke luar dari krista maksila dan masuk ke dalam rongga hidung; penonjolan tulang atau tulang rawan septum, bila memanjang dari depan ke belakang disebut krista, dan bila sangat runcing dan pipih disebut spina; sinekia, bila deviasi atau krista septum bertemu dan melekat dengan konka dihadapannya.


Etiologi

Penyebab deviasi septum nasi antara lain trauma langsung, Birth Moulding Theory (posisi yang abnormal ketika dalam rahim), kelainan kongenital, trauma sesudah lahir, trauma waktu lahir, dan perbedaan pertumbuhan antara septum dan palatum.

Faktor resiko deviasi septum lebih besar ketika persalinan. Setelah lahir, resiko terbesar ialah dari olahraga, misalnya olahraga kontak langsung (tinju, karate, judo) dan tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman ketika berkendara.


Diagnosis

Deviasi septum biasanya sudah dapat dilihat melalui inspeksi langsung pada batang hidungnya. Namun, diperlukan juga pemeriksaan radiologi untuk memastikan diagnosisnya. Dari pemeriksaan rinoskopi anterior, dapat dilihat penonjolan septum ke arah deviasi jika terdapat deviasi berat, tapi pada deviasi ringan, hasil pemeriksaan bisa normal.

Deviasi septum yang ringan tidak akan mengganggu, akan tetapi bila deviasi itu cukup berat, menyebabkan penyempitan pada satu sisi hidung. Dengan demikian, dapat mengganggu fungsi hidung dan menyebabkan komplikasi.




Gejala yang sering timbul biasanya adalah sumbatan hidung yang unilateral atau juga bilateral. Keluhan lain ialah rasa nyeri di kepala dan di sekitar mata. Selain itu, penciuman juga bisa terganggu apabila terdapat deviasi pada bagian atas septum.


Penatalaksanaan

  • Analgesik. Digunakan untuk mengurangi rasa sakit.
  • Dekongestan, digunakan untuk mengurangi sekresi cairan hidung.
  • Pembedahan.
    • Septoplasti.
    • SMR (Sub-Mucous Resection).


Komplikasi

Deviasi septum dapat menyumbat ostium sinus, sehingga merupakan faktor predisposisi terjadinya sinusitis. Selain itu, deviasi septum juga menyebabkan ruang hidung sempit, yang dapat membentuk polip.



DAFTAR PUSTAKA

Balasubramanian, T. 2006. Deviated Nasal Septum. Accessed: http://drtbalu.com/dns.html.

Anonim. 2006. http://www.obstructednose.com/nasal_treatment_deviated_septum.html.

Novak, V .J. 1995. Pathogenesis and surgical treatment of neurovascular primary headaches. The italian journal of Neurological Sciens. Accessed: http://www.vj-novak.ch/images/novak1-1.jpg.

Mangunkusumo, Endang. Nizar, N.W. 2006. Kelainan Septum. Dalam: Buku Ajar Ilmu Telinga-Hidung-Tenggorokan, hal.99. Balai Penerbit FKUI. Jakarta.

Kartika, Henny.2007. Anatomi Hidung dan Sinus Paranasal. Accessed: http://hennykartika.wordpress.com/2007/12/29/anatomi-hidung-dan-sinus-paranasal.

Chmielik, Lechosław P. 2006. Nasal septum deviation and conductivity hearing loss in children. Borgis - New Medicine 3/2006, p. 82-86. accessed: http://www.newmedicine.pl/show.php?ktory=22.


9 komentar:

  1. Apakah salah satu ciri septum deviasi adalah keluarnya darah dari hidung secara bersamaan pada saat keluarnya lendir dari hidung (maaf maksud saya ingus)???

    BalasHapus
  2. Apakah hanya dengan jalan operasi, septum deviasi baru bisa disembuhkan & apakah selesai operasi hidung saya tidak akan mengeluarkan darah lagi saat flu???

    BalasHapus
  3. thanks... semoga Allah merahmatimu

    BalasHapus
  4. sebelum nya adik saya tidak pernah mengalimi masalah pada hidungnya (usia 8 tahun) tapi 2 minggu yang lalu sewaktu bermain nenek saya memencet hidung adik saya dan dia tidak berhenti menagis.
    setelah di lihat ke bagian dalam hidung adik saya ternyata terdapat sedikit tonjolan di lubang bagian kanan
    sebelum kejadian tersebut adik saya juga anak yang sering mimisan
    apakah adik saya dapat di katakan terkena deviasi septum ?

    BalasHapus
  5. saya sering sakit kepala sampai kebagian belakang dan leher sudah lebih dari 3 bulan. saat di lakukan CT scan ternyata konka hidung saya membesar dan deviasi hidung padahal saya tidak pernah terluka di bagian wajah. dr menyarankan untuk operasi pemotongan tulang yang menyumbat rongga hidung tersebut? apakah memang di perlukan pada kondisi saya operasi? dan apa tindakan yang harus saya lakukan apabila tidak melakukan operasi? dan apabila saya melakukan operasi apakah ada akibatnya dikemudian hari? misal bentuk hidung berubah dll? mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga merasakan yg sama kk.....trus kk udah kadi operasi blm???

      Hapus
    2. Kk

      ..keluhan kita sama banget....saya mengalami hal serupa....bisa gak berbagi kita kk....gmna pengobatan kk??

      Hapus
  6. saya sering sakit kepala sampai kebagian belakang dan leher sudah lebih dari 3 bulan. saat di lakukan CT scan ternyata konka hidung saya membesar dan deviasi hidung padahal saya tidak pernah terluka di bagian wajah. dr menyarankan untuk operasi pemotongan tulang yang menyumbat rongga hidung tersebut? apakah memang di perlukan pada kondisi saya operasi? dan apa tindakan yang harus saya lakukan apabila tidak melakukan operasi? dan apabila saya melakukan operasi apakah ada akibatnya dikemudian hari? misal bentuk hidung berubah dll? mohon penjelasannya

    BalasHapus